Selasa, 15 Desember 2020

Bunda Aku Cemburu (2)

"Aku rindu bunda" dan pelukan hangat itu mendekapku

"Aku kangen bunda" dan air matanya pun menetes sambil memelukku

"Aku sayang banget sama bunda" dan kecupan hangat itu mendarat di pipiku

"Bunda sayang sama kakak nia?" kalimat itu sering terlontar saat aku memeluknya.

    Dialah gadis kecilku, putri keduaku yang sudah empat tahun menambah warna kehidupan kami. Follower sejati kakaknya yang pengen selalu ngikutin kakaknya kemana saja. Tapi dalam sekejap bisa jadi "lawan" yang tangguh yang membuat kakaknya sebal setengah mati. 

    Si ekstrovert yang selalu bisa mengungkapkan semua yang dia rasakan entah itu gembira atau pun sedih yang dia rasa. Dia yang selalu bisa menjelaskan kronologis setiap peristiwa saat si kakaknya justru memilih diam seribu bahasa. Suaranya yang melengking yang seringkali membuatku menghela nafas karena baru saja menidurkan adiknya yang masih bayi dan akhirnya bangun lagi.

    Si cuek yang sangat perhatian akhir-akhir ini sedang agak baper, semua maunya cuma dengan bunda (lah memang anak bunda ya sayang). Mungkin seperti kakaknya dulu yang sangat cemburu dengan kehadirannya dulu. Kini dia mungkin mulai merasakan hal itu, cemburu dengan kehadiran adiknya yang sudah sembilan hadir manambah keramaian di tengah keluarga kami. Meski tidak sefrontal kakaknya dalam mengungkapkan rasa cemburu itu namun aku bisa melihat ada bias itu dimatanya. 
    
    Dia seperti merasa takut kehilangan bundanya, meski bunda ada di rumah namun dia selalu berkata "kangen bunda". Mungkin ini teguran kembali buatku untuk bisa lebih adil lagi dalam membagi perhatian kepada ketiga buah hatiku agar drama yang dulu tak terulang kembali. Aku harus kembali belajar untuk bisa menghadirkan tak hanya ragaku dihadapan mereka namun seluruh jiwaku agar keberadaanku tak hanya sebatas dalam pandangan mata. Aku sadar aku bukan ibu yang sempurna buat mereka namun yang pasti akan selalu berusaha kulakukan yang terbaik untuk mereka.

Terima kasih karena kau sangat menyayangi bunda yang penuh alpa ini.




Bisa dibaca juga saat si sulung cemburu di Bunda Aku Cemburu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get Well Soon My Sweety

  Ini adalah catatan pertamaku di tahun 2022, catatan pertama yang diawali dengan kesedihan. Kesedihan karena tulisan ini aku buat saat seda...